BAB VI Cara Membuka Google Form dan Membuat Halaman Baru


BAB VI

Google Form

1.      Cara membuka google form dan membuat halaman baru


1. Silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Google Anda:
googledrive 0
2. Setelah masuk Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.
gform_1
3. Anda akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:
gform_2
4. Anda bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul anda sendiri. Sebagai contoh saya menggantinya menjadi Contoh Form Pendaftaran Olimpiade. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama itu adalah form pertama yang disediakan.
gform_3
Dari input diatas jadinya akan seperti ini :
gform_3_1
5. Klik pada Add Item yang berada di bagian bawah untuk menambah form baru, Anda bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin anda tambah. Anda bisa menambah form dalam bentuk teks seperti form Nama diatas atau dengan bentuk yang lain.
gform_4
6. Sebagai contoh saya akan membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.
gform_5
7. Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Anda juga dipersilahkan untuk berkreasi.
8. Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah form nanti disubmit oleh pengisi form, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan anda. Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silahkan klik Send Form.
gform_6
9. Jendela baru yang berisi URL form anda akan muncul, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.
gform_6
9. Jendela baru yang berisi URL form anda akan muncul, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.
gform_7
10. Silahkan buka form anda menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini :
gform_8
11. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan anda sudah bisa menyebarkan URL Form anda pada orang-orang. Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.
gform_9

2.      Cara menambahkan pertanyaan, Cara menambahkan judul dan deskripsi, dan Cara membuat berbagai opsi pertanyaan


Membuat kuesioner online bukanlah perkara murah, tanpa dukungan aplikasi rasanya sangat sulit untuk melakukannya dengan benar. Untungnya sekarang ada beberapa layanan yang menawarkan pembuatan kuesioner online, salah satu yang paling populer dan mudah adalah Google Forms.
Nah, di artikel panduan pemula edisi minggu ini TRL akan menunjukkan bagaimana cara membuat kuesioner online dengan Google Forms, mulai dari awal hingga selesai termasuk menerapkan tema yang merupakan fitur terbaru layanan ini.
  • Langsung saja silahkan ke tautan ini. Di halaman Google Forms Anda akan langsung dihadapkan pada formulir kerja seperti gambar ini. Itu sebabnya penting sekali untuk memiliki rangka kerja berupa pertanyaan terlebih dahulu sebelum membuat formulir kuesioner menggunakan Google Forms.
  • Siapkan judul, deskripsi dan daftar pertanyaan yang jadi bahan penelitian Anda kemudian masukkan ke dalam kolom yang sesuai.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_2
  • Di bagian atas terdapat menu-menu sebagai berikut. Semua menu tersebut nantinya akan menjadi santapan Anda.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_1
  • Untuk membuat pertanyaan baru, klik Add Item kemudia pilih salah satu dari beberapa opsi yang diberikan. Jika jenis pertanyaan yang Anda ingin buat adalah teks, maka pilih Text.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_6
  • Misalnya pertanyaanya Jenis kelamin, berarti jawabannya sudah harus Anda tentukan agar koresponden makin mudah. Maka buat:
– Question Title: Jenis Kelamin
– Help Text: bisa diisi petunjuk pengisian atau kosongkan saja
– Question TypeChoose form a list
– Isi kotak jawaban dengan Pria dan Wanita, sehingga nantinya koresponden dapat langsung memilih satu dari dua pilihan.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_3
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_7
  • Lakukan lagi langkah serupa sehingga kuesioner Anda menjadi lebih lengkap. Setelah itu sekarang kita ubah tema agar tampilan kuesioner menjadi lebih menarik. Caranya klik menu Change Theme.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_1
  • Perhatikan di sebelah kanan Anda, di sana terdapat beberapa jenis tema yang dapat Anda pergunakan. Pilih salah satu, dan lihat perubahannya di tampilan kuesioner Anda. Jika tidak suka, scroll mouse dan cari yang lebih Anda sukai. Klik Customize bila Anda ingin melakukan perubahan misalnya gambar atau jenis huruf.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_4
  • Tombol Customize berfungsi untuk merubah pengaturan bawaan tema, misalnya gambar header, jenis dan ukuran huruf dan juga penyesuaian deskripsi.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_5
  • Apabila pengaturan tema dirasa sudah pas, coba lihat hasil kuesioner secara live. Caranya klik menu View live form.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_8
  • Jebred! Ini dia hasilnya, bagus kan?
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_9
  • Apabila kuesioner sudah benar dan lengkap, sekarang Anda dapat menyisipkan formulir di blog, forum atau di mana saja yang sekiranya terdapat koresponden potensial sesuai dengan penelitian Anda. Klik menu File dan di sana terdapat beberapa pilihan untuk membagikan formulir misalnya Send formDownload as, dan Embed.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_10
  • Kemudian bila ingin melihat hasil kuesioner, silahkan masuk ke Google Forms dan loginmenggunakan akun Google yang sama, temukan form kuesioner bersangkutan dan klik View responses.
Cara Membuat Kuesioner Dengan Google Form_1
Itu dia cara membuat kuesioner online menggunakan Google Forms, semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca dan silahkan dipraktekkan.
Sumber gambar header Edudemic.
Cara Memasukkan Foto ke dalam Google Forms Google Forms sangat berguna untuk tujuan pendidikan. Dengan menambahkan foto dan video Anda bisa mendidik siswa. Misalnya Anda bisa membuat kuis foto untuk siswa Anda dan meminta mereka untuk menunjukkan tempat, nama dan benda. Jika Anda merujuk artikel ini maka Anda akan mendapatkan ide sederhana untuk membuat formulir di Google Drive.

Source: 
https://sukadirinews.blogspot.co.id/2017/05/cara-memasukkan-foto-ke-google-form.html
Tolong dong jangan dicopas....
Login ke Google Drive klik Create >> Form >> pilih template anda lalu klik ok.
 Sekarang Anda akan memiliki bentuk dasar. Masukkan judul untuk Formulir Anda lalu pilih jenis pertanyaan, judul pertanyaan, tambahkan teks bantuan Anda dan klik selesai.
https://4.bp.blogspot.com/-wgVEh7tf0Jw/WSTWMQm-FbI/AAAAAAAAGds/78R3Pm3QCV8g3DnjAbt_9tCQX-bpqRKQwCLcB/s320/Cara%2BMemasukkan%2BFoto%2Bke%2BGoogle%2BForm%2BDengan%2BMudah-1.jpg
3.      Cara menambahkan gambar dan video
 Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin bidang yang Anda inginkan dan ada 13 item yang dapat dipilih.
Untuk menambahkan foto atau video dalam formulir Anda, cukup klik add item dan pilih apakah foto atau video.

 Anda dapat memasukkan foto ke dalam bentuk dalam tiga cara yang dapat Anda unggah dari komputer Anda, ambil cuplikan, dengan URL, atau dari album Anda. Anda dapat memilih YouTube untuk menyematkan video dalam Formulir Anda. Setelah Anda menambahkan foto Anda dapat memilih judul foto, hover teks dan Anda juga dapat mengubah penempatan foto (align kiri, tengah, sejajar kanan). Ketika semuanya selesai klik pada formulir kirim dan Anda akan diberi link ke formulir Anda. Anda dapat membagikannya ke jejaring sosial, kontak email dan bahkan bisa menyematkannya di blog Anda. Semua tanggapan akan dicatat dalam spreadsheet dan disimpan di Google Drive Anda.

https://4.bp.blogspot.com/-VRMJVxfNqWo/V29gesK0DHI/AAAAAAAAiwk/HRbUvzz_ysUTd4PZqfol0wzjETL3_Gs6wCLcB/s320/Hasil%2BGoogle%2BFormulir.jpg
Hasil Google Formulir

Ada berbagai cara untuk membuat formulir secara online. Ada yang menggunakan Google Form dari Google Drive, ada juga dari aplikasi lain. Tetapi produk dari Google tetap menjadi andalan para onliner untuk membuat berbagai formulir, spreadsheet, slide dan lain sebagainya. 


Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara berbagi link Google Formulir kepada orang lain sehingga orang lain bisa mengisi formulir tersebut dari mana pun secara online, dan pemiliknya bisa mengecek siapa saja yang sudah mengisinya. 


4.      Cara menyimpan lalu bagikan kepada orang lain

Berikut cara berbagi link Google Formulir : 

https://3.bp.blogspot.com/-iw25WLNsYFU/V29iTFPALOI/AAAAAAAAiw0/nWKlb3-1-oolIlE93OobIX8YhqNqm3HAwCLcB/s400/Google-Drive.png
  1. Masuk ke Google Drive terlebih dahulu menggunakan username dan password Anda. 
https://2.bp.blogspot.com/-WSb2crSgpEo/V29ixqvjdcI/AAAAAAAAiw8/z2wPq-e_SFQttpiSEnfpuRMvGjn3QRMuQCLcB/s400/Tombol%2BBaru%2Bdi%2BGoogle%2BDrive.jpg
  1. Setelah itu tekan Baru pada Google Drive 
https://1.bp.blogspot.com/-NBHeNQs8avc/V29jClU416I/AAAAAAAAixI/hzPVbGwoaf4_m9pUYAHLkUR7V3mFgUfjgCLcB/s400/Google%2BFormulir.jpg
  1. Kemudian cari Google Formulir untuk membuat formulir yang diinginkan 
https://1.bp.blogspot.com/-hgA6yLu17Xc/V29jP_X7MkI/AAAAAAAAixQ/jKsOqaUE8nsqs3XpvyXdFkjxilivhQCYgCLcB/s400/Formulir%2BTanpa%2BJudul.jpg
  1. Lalu buat Formulir yang diinginkan 
https://3.bp.blogspot.com/-PnNM3mWTCl8/V29ja5Xb6MI/AAAAAAAAixY/xwbzLPoyrj0y-6y-MaSLgXm4RBLGcbQkgCLcB/s400/Formulir%2BPPDB.jpg
  1. Setelah selesai formulir yang kita buat kemudian tekan Kirim 
https://4.bp.blogspot.com/-S2-Te4UoEWU/V29jkCXcrMI/AAAAAAAAixg/TqpfUf3oXQMX0AyYkEN1ClBeq1VlnZ33ACLcB/s400/Tombol%2BKirim.jpg
  1. Maka akan muncul tulisan Kirim Formulir 
https://1.bp.blogspot.com/-paXNK2T0BwQ/V29jzJ5W5yI/AAAAAAAAixs/4Au7Q5YZ9o8Wqxe6MgvGD83jPHY1klQCACLcB/s400/Kirim%2BFormulir.jpg
  1. Karena formulir tersebut akan dibagikan kepada orang lain bukan melalui email maka tekan tanda rantai 
https://1.bp.blogspot.com/-0_DktFNyCTQ/V29kBHhrSAI/AAAAAAAAix0/QkX6Mon1m8AKsK94p4oTJDZhMApBas6HQCLcB/s400/Perpendek%2BURL.jpg
  1. Maka akan muncul Tautan seperti ini https://docs.google.com/forms/d/1YJ30NFsq69A9T82t-LLZAJnFVIX2FpNFcAJ94-RsBeI/viewform 
  2. Agar tidak terlalu panjang Anda bisa mencentang kota Perpendek URL 
  3. Maka link yang seperti ini yang akan dibagikan kepada orang lain http://goo.gl/forms/aETYF4BaSE1k49YV2 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB V Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.PUBLISHER 2016

BAB IV Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.EXCEL 2016

BAB II Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.WORD 2016