BAB V Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.PUBLISHER 2016

Opsi Pemutaran untuk video dari PC Anda adalah: Urutan Klik, Secara Otomatis, atau Saat Diklik

BAB V

Ms. Publisher

1.      Nama dan fungsi dari tiap icon & toolbar pada Ms. Publisher 2016

Microsoft Publisher
  
Pengertian Microsoft Publisher.Apa itu Microsoft Publisher ? saya yakin banyak sobat yang asing dengan aplikasi ini. Dalam kurikulum sekolah pun jarang bahkan tidak ada yang mengajarkan tentang apikasi ini. Padahal software ini adalah salah satu bagian dari paket aplikasi Microsoft Office, layaknya Microsoft Access.


http://screenshots.en.sftcdn.net/en/scrn/6653000/6653661/microsoft-publisher-2013-05-535x535.png
   
A.Pengertian Ms publisher 

Pengertian Microsoft Publisher Pengertian Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain lain.


Kenapa menggunakan microsoft publisher ? bukannya kita bisa juga menggunakan ms word dan ms powerpoint ?


Kita memang bisa membuat majalah menggunakan ms word, dan kita juga bisa membuat kartu ucapan dengan menggunakan microsoft powerpoint. Tapi fitur yang ditawarkan tidaklah lengkap karena memang aplikasi tadi tidak dikhususkan untuk dekstop publishing. Berbeda dengan Microsoft Publisher yang dari namanya saja sudah jelas, publisher(penerbit). Aplikasi ini memang dikhususkan untuk kegiatan desktop publishing.


  

http://www.activewin.com/reviews/software/apps/ms/pub2k2/images/pub4.jpg 

Dalam aplikasi Microsoft publisher, sudah tersedia berbagai macam template. Sehingga bila kita ingin membuat suatu karya, hanya tinggal memilih template yang sudah disediakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kemauan kita.


Tidak banyak orang yang menggunakan Ms Publiser. Padahal aplikasi ini memiliki banyak manfaat, kita ambil contoh salah satunya yaitu membuat mading (majalah dinding). Saya sering menjumpai mading yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menulisnya di kertas binder lalu ditempel, atau dengan memotong sebagian berita di koran/majalah. Padahal jika menggunakan Ms Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya lebih mudah dan praktis karena Ms Publisher memiliki banyak template.


Saat ini, versi terbaru dari microsoft publisher adalah microsoft publisher 2013, sebagai penerus dari versi sebelumnya yaitu ms publisher 2010 dan ms publisher 2007.


B.Sejarah Microsoft Office Publisher

          Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang termuda. Kala itu Microsoft publisher masih memiliki banyak kekurangan. Keterbatasan itu menyebabkan dekstop publishing Microsoft ini sedikit tertinggal dibanding kompetitornya.Dengan kondisi seperti itu, Microsoft tentu tidak berdiam diri mereka pun segera memperbaiki publisher. Hasilnya, Microsoft publisher memiliki segudang kemampuan yang tak ada digenerasi sebelumnya. Bahkan Microsoft publisher 2007 telah mampu untuk menghasilkan output file PDF berkualitas dengan kemampuan embedded font (Anonimd, 2011).
         Kelebihan utama Microsoft publisher yaitu pengoprasiannya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Kelebihan inilah yang membuat bisnis-bisnis kelas menegah bawah mau melirik Microsoft publisher. Mereka yang tidak memiliki tenaga ahli dalam desain dapat memamfaatkan Microsoft publisher untuk menciptakan materi pemasaran seperti iklan, brosur, kartu nama, spanduk, sertifikat, amplop, kartu pos, katalog, kop surat, hingga kartu ucapan hanya dengan beberapa klik saja (Anonimd, 2011). 
         Pada Microsoft Publisher terdapat berbagai macam template-template yang dapat kita gunakan.Template ini dapat kita modifikasi semenarik mungkin sesuai dengan keinginan kita (Anonime, 2012). 
         Berdasarkan Anonime (2012), berikut nama-nama template-template Microsoft publisher
1.    Advertisement 
2.    Award Certificate 
3.    Banners
4.    Brochures 
5.    Bussinesss Cards 
6.    Business Forms
7.    Calendars 
8.    Catalogs 
9.    E-mail
10.  Envelope 
11. DLL

C.Bagian-bagian Microsoft Office Publisher
   
         Menurut Oscar (2007), menjelaskan bahwa bagian-bagian yang terdapat di dalam interface program MS Publisher yaitu :


1.      Office Button

Tombol Office digunakan untuk menampilkan menu-menu atau perintah yang berhubungan dengan dokumen, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan lain-lain.








2.      Quick Acess Toolbar

Quick Acess Toolbar merupakan bagian yang berisi icon-icon yang digunnakan untuk mempercepat akses sebuah perintah.


3.      Tab Menu

Bagian yang menunjukkan menu-menu yang berhubungan dengan perintah untuk mengolah dokumen.


4.      Title Bar

Bagian yang menunujukkan nama dari sebuah dokumen. Terdapat pada bagian teratas jendela Microsoft Publisher.


5.      Ribbon

Bagian yang berisi perintah-perintah dari sebuah menu. Setiap ribbon yang muncul berbeda-beda tergantung dari menu yang dipilih.


6.      Format Publication

Bagian yang menampilkan beberapa pilihan pemformatan publisher, baik itu Page Option, Color Scheme, Font Scheme dan lain-lain.


7.      Horizontal Scroll  Bar

Bagian yang digunakan untuk menggeser layar ke bawah atau untuk menuju ke halaman selanjutnya.

Menurut Oscar tahun 2007 menjelaskan bahwa menu-menu program MS Publisher yang sering digunakan setelah kita memilih jenis publisher terdapat pada bagian Tab Menu. Adapun menu-menu tersebut adalah :


1.      File

Untuk membuka menu File, tekan tab Home lalu akan muncul beberapa perintah.


2.      Edit

Untuk membuka menu Edit, tekan tab Edit lalu akan muncul perintah mengedit data.


3.      View

Untuk membuka menu View, tekan tab View lalu akan muncul perintah untuk memunculkan perintah.


4.      Insert

Untuk membuka menu Insert, tekan tab Insert lalu akan muncul beberapa perintah penyisipan objek.


5.      Format

Untuk membuka menu Format, tekan tab Format lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan tampilan.


6.      Tools

Untuk membuka menu Tools, tekan tab Tools lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan pengejaan kata.


7.      Arrange

Untuk membuka menu Arrange, tekan tab Arrange lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan tampilan gambar.


8.      Table
Untuk membuka menu Table, tekan tab Table lalu akan muncul beberapa perintah untuk menyisipkan tabel  
D.Fungsi Microsoft Publisher

Fungsi atau kegunaan microsoft publisher adalah


*Untuk membuat majalah

*Untuk membuat kalender
*Untuk membuat mading
*Untuk membuat kartu ucapan
*Untuk membuat brosur
*Untuk membuat poster
*Untuk membuat karya desktop publishing

masih banyak lagi manfaat ms publisher, tapi intinya adalah untuk membuat segala karya desktop publishing.


E.Kelebihan Microsoft Publisher


Ini dia beberapa keuntungan Ms Publisher. keunggulan ms publisher

.
*Dapat Membuat Karya Desktop Publishing dengan mudah
*Tersedia berbagai macam template
*Tersedia berbagai macam efek untuk mengedit gambar
*Karya dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format
*Karya dapat dikirim lewat email atau diconvert menjadi HTML
*Karya yang dibuat dapat langsung disimpan di online storage dan dapat diakses kapan saja dimana    saja

F.Kelemahan Microsoft Publisher


Ini dia kekurangan Ms Publisher


*Tidak gratis. Jika sobat mendapatkannya secara gratis, dapat dipastikan itu adalah produk bajakan


Nah, itu dia pengertian dan fungsi ms publisher. Semoga bermanfaat bagi sobat semua.


G.Mengaktifkan Microsoft Publisher 

Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Publisher dengan langkah-langkah sebagai berikut.

-          Klik menu Start

-          Arahkan pointer mouse pada All Programs

-          Arahkan pointer mouse pada  Microsoft Publisher

-          Klik Microsoft Publisher


Menu bar adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu yang tersedia untuk program tertentu. Dalam program Windows, menu bar berada di bagian atas  jendela layar yang terbuka.

Berikut jenis-jenis menu bar dan juga fungsinya :
1. Menu File
http://1.bp.blogspot.com/-Q7h1wgxWAFs/UQ5sfZ_HYjI/AAAAAAAAAGs/ZGc-Rkuxzak/s320/menu-file-word.jpg



Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dan sebagainya.
1.                  New : Membuat file yang baru
2.                  Open : Membuka File yang pernah kita buat
3.                  Close : Menutup file yang sedang kita buka
4.                  Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
5.                  Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6.                  Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7.                  Web page Preview : Preview halaman web
8.                  Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9.                  Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10.              Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
11.              Sent To : Mengirimkan dokumen
12.              Exit : Keluar dari Program Word






2. Menu edit
http://3.bp.blogspot.com/-gxxCv4vosNw/UQ5s8xB_sLI/AAAAAAAAAG0/rUMx8DCBUPg/s320/reg_edit_1_1.JPG


Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan teks atau dokumen 
Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan 
Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan 
Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja 
Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
Clear : Membersihkan
Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat 
Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat

3. Menu view
http://4.bp.blogspot.com/-CWj-iLYJ0OI/UQ5tfq4oaMI/AAAAAAAAAG8/SaJVwxCLSzo/s1600/images.jpg




Menu View berfungsi untuk mengatur seperti apa tampilan dokumen yang sedang dibuat

Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek
Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

4. Menu insert
http://4.bp.blogspot.com/-Chgg-AHFTLk/UQ5t44DAUiI/AAAAAAAAAHE/ptQWZ_woW40/s1600/images+(1).jpg

Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Break : Berganti Halaman 
Page Number : Penomoran halaman
Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya 
Symbol : Menyisip suatu simbol
Footnote : Membuat catatan kaki
Picture : Menyisip gambar
Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja










5. Menu format
http://4.bp.blogspot.com/-02V5KFTC2S0/UQ5uX-EDf3I/AAAAAAAAAHM/C53NV-LhpJM/s1600/images+(2).jpg


Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll

Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
Background : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
Styles and Formatting : Memformat jenis huruf

6. Menu Tools
http://4.bp.blogspot.com/-q16UeSMX-eM/UQ5utoiOytI/AAAAAAAAAHU/s1DyLXx9abk/s1600/images+(3).jpg

Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris 
Research :Mencari dokumen tertentu
Letter and Mailing :Membuat surat dan email 
Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro 
Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon  yang aktif yang akan digunakan dalam menu
Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum

7. Menu table
http://3.bp.blogspot.com/-HlD2nbln9xk/UQ5vIbbOjbI/AAAAAAAAAHc/fk5CEwSgTHs/s320/table-menu.gif

Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut

Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
Delete : Menghapus tabel, baris dll
Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel

8. Menu Windows
http://1.bp.blogspot.com/-FmLbVsPxYCI/UQ5veEsoINI/AAAAAAAAAHk/30DSkBY8Qa0/s1600/window.JPG


Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
New Window : Membuat lembar kerja window baru
Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian

9. Menu Help
http://1.bp.blogspot.com/-v6lnP0U85FM/UQ5vuI2lMtI/AAAAAAAAAHs/NLduUSXFoyA/s320/vs2008HelpMenu.jpg



















Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita hal yang belum tahu dari
Microsoft Word.

Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

2.      Cara memilih berbagai jenis template design

Cara membuat brosur dengan Microsoft publisher

1. Buka Microsoft publisher sobat, kemudian silahkan pilih brochures
Cara cepat membuat brosur dengan publisher

2. Silahkan sobat pilih tempalet brosur yang sobat sukai, ada 100 lebih template brosuryang bisa sobat gunakan secara gratis dengan beberapa kategori. Jika sudah menemukan template yang sosok, silahkan klik Create
Cara cepat membuat brosur dengan publisher

3. Untuk selanjutnya, silahkan ganti gambar dan tulisan yang ada pada template brosur tadi dengan tulisan,  gambar dan logo sobat. Baca : cara membuat logo dengan photoshopDisini ada dua halaman. Halaman pertama untuk brosur bagian luar dan halaman kedua untuk brosur halaman dalam. Brosur ini adalah model lipat tiga, seperti brosur pada kebanyakan.
Cara cepat membuat brosur dengan publisher

Bagaiman sangat praktis sekali bukan membuat brosur di Microsoft publisher, sobat tidak perlu mengatur setting layoutnya lagi karena sudah tersedia 100 lebih template yang bisa sobat pilih. Sobat hanya perlu memasukan tulisan dan gambar yang diperlukan, maka jadilah brosur sederhana tapi keren. Selamat mencoba.

3.      Cara memasukan gambar via picture placeholder

Cara mengganti placeholder gambar:

1.                  Klik-kanan pada gambar untuk menampilkan menu shortcut. Jika frame gambar berada satu grup dengan frame teks untuk caption, klik-kanan pada grup lalu klik Ungroup, kemudian pilih dan klik-kanan pada gambar tersebut.
2.                  Pilih Change Picture pada menu shortcut yang ditampilkan, lalu pilih Change Picture lagi pada submenu yang ditampilkan.
3.                  Pada jendela Insert Picture yang ditampilkan, pilih opsi memasukkan gambar dari file atau Clip Art dari Office.com.

Jika Anda memiliki dua gambar dan ingin menukar posisinya (misalnya menukar posisi gambar A ke posisi gambar B dan sebaliknya, gambar B dipindah ke posisi gambar A), Anda bisa melakukannya dengan mudah.


Cara menukar posisi dua gambar:

1.                  Klik pada gambar pertama, tekan-tahan tombol keyboard [CTRL] lalu klik gambar kedua.
2.                  Hover/layangkan pointer mouse diatas gambar kedua lalu klik icon Swap yang ditampilkan. Atau, klik tab kontekstual Picture Tools Format Swap, lalu klik Swap


4.      Cara memasukan page parts, calender, adcertisement

Menambahkan halaman dengan bulan baru
1.      Buka publikasi kalender yang ingin Anda perbarui.
2.      Pada tab Desain halaman , klik Ubah Templat.
3.      Dalam kotak dialog Ubah Templat, klik Atur Tanggal Kalender.
Lokasi untuk mengubah atau mengatur tanggal kalender.
4.      Dalam kotak dialog Atur Tanggal Kalender, masukkan bulan baru di Tanggal mulai dan bulan yang sama di Tanggal selesai.
Atur satu bulan baru di dialog Atur Tanggal Kalender.
5.      Terakhir, dalam dialog Ubah Templat pilih ubah kalender Anda yang sudah ada dengan memilih Terapkan templat ke publikasi saat ini, atau buat kalender baru dengan memilih Buat publikasi baru menggunakan teks dan grafik saya.
Mengubah templat Anda dengan dialog ini
PENTING: Ini hanya berfungsi untuk kalender yang dibuat menggunakan salah satu Templat bawaan (Templat yang diinstal di komputer Anda saat Anda menginstal Publisher). Satu-satunya cara lain untuk mengubah bulan pada kalender adalah untuk menambahkan mereka secara manual.

Menambahkan halaman baru secara manual

1.      Di panel Navigasi halaman di sebelah kiri, klik kanan halaman di atas tempat Anda ingin halaman baru dan klik Sisipkan halaman atau Menyisipkan halaman duplikat.
Untuk menyisipkan halaman, klik kanan di halaman dalam panel Page Navigation.
2.      Jika Anda memilih Menyisipkan halaman duplikat, Anda sudah selesai (halaman duplikat disisipkan di bawah halaman asli). Jika Anda memilih Sisipkan halaman, pilih opsi yang Anda inginkan.
Kotak dialog untuk menyisipkan halaman Publisher
3.      Sekarang edit halaman baru dengan tanggal yang benar.

5.      Cara menggunakan page background
Selamat datang kembali pada materi tentang Ms.Publisher.

1. Pertama Fungsi dari MASTER PAGE adalah untuk membuat satu halaman atau Design untuk dibuat background atau untuk penomoran. dan Master Page hanya bisa di edit di Master Page. tidak bisa di edit di Halaman kerja Ms. Publisher. dan harus masuk ke Master Page

2. Silahkan buka Ms.Publisher nya. kemudian pilih Blank Page Sizes dan pilih terserah anda mau memakai template yang mana kalau sudah silahkan anda CREATE..
http://4.bp.blogspot.com/-VK8QCw4RDTc/VquNtIEH4fI/AAAAAAAAAFY/cs-os4vC4Ww/s400/master%2Bpage%2Bpublisher.jpg

2. Kemudian akan muncul Halaman Kerja Ms Publisher 2007
http://4.bp.blogspot.com/-WC5Bnr3bvlk/VquOe2an96I/AAAAAAAAAFg/b6Ftqv3t1Kg/s400/2.jpg

3. Kemudian silahkan menuju View + Master Page atau anda bisa memakai cara cepat Ctrl + M
http://1.bp.blogspot.com/-Kb2waXi7Sd8/VquX4eTO2EI/AAAAAAAAAGI/z1mFeBF8z5E/s400/4.jpg
 3.1. Master A itu berarti sudah ada 1 halaman Master
        New Master Page : Untuk tambah membuat Master Page lagi 
        View Publication Page : Untuk kembali ke Halaman Kerja 
        
3.2 Tombol Master Page ada disini semua. Dari kiri
       New Master Page.
       Duplicate Master Page : Untuk menduplicate master menjadi ada dua.
       Rename Master Page : Untuk mengganti nama Master Page.
       Delate Master Page : Untuk delate Master Page.
       Layout Guides : Untuk mengatur batas-batas Layout Halaman Master Page
       Change Singe/Duo Page : Untuk menjadikan 1 halaman atau 2 halaman.
       Close Master View : Untuk kembali ke Halaman Kerja Ms. Publisher.


4. Silahkan anda desain sebaik mungkin agar penampilan Master Page anda menarik.

Terima Kasih Atas Perhatiaannya sampai ketemu di materi lainnya. Semoga materi ini bermanfaat bagi kita semua  Amin..

Cara Membuat Publikasi Menggunakan Template Di Publisher 2013


Setiap kali Anda membuka Publisher 2013 atau memilih File New [CTRL + N], Publisher akan menampilkan pilihan galeri New Template di Backstage View sehingga Anda bisa mencari dan memilih sebuah template untuk digunakan membuat file publikasi baru. Ketika komputer Anda terhubung dengan internet dan Sign In ke Publisher, Anda bisa klik Featured diatas thumbnail template dan Scroll/menggulung kebawah untuk melihat template lain yang tersedia untuk di-download. Klik thumbnail template untuk melihat jendela preview dan deskripsinya, lalu klik Create untuk mendownload template tersebut dan membuat publikasi baru menggunakan template tersebut.
Advertisement

http://3.bp.blogspot.com/-tqYjMJZPhsg/U4FTOzYZ2JI/AAAAAAAAL8c/6qiAM4AeNt8/s1600/publisher2013-1117.png
Anda juga bisa mencari template menggunakan Suggested Searches atau kotak teks Search For Online Templates yang ada di bagian atas layar, diatas thumbnail template.

Jika Anda klik Built-In diatas thumbnail template, Publisher menampilkan kategori template seperti: Advertisements, Banners, Brochures, Business Forms, Flyers, dan lainnya. Scroll/gulung ke bawah, klik thumbnail kategori, dan Publisher akan menampilkan subkategori untuk tipe template tersebut. Anda bisa klik pada template yang Anda inginkan untuk melihat preview-nya di pojok-kanan-atas. Scroll/gulung kebawah untuk melihat subkategori lainnya, atau klik salah satu icon folder yang ada di sebelah kanan subkategori untuk melihat template lain pada subkategori tersebut. Beberapa kategori template built-in, seperti kategori Newsletters tidak memiliki subkategori.
http://1.bp.blogspot.com/-TEezGsldoRM/U4FVGN9TgRI/AAAAAAAAL8o/JihmeTTuLx4/s1600/publisher2013-1118.png
Ketika Anda klik thumbnail template yang ingin anda gunakan, anda bisa mengatur template melalui area Customize dan Options dibawah preview template. Pengaturan template ini hanya tersedia untuk template yang sudah diinstal (bukan template online yang belum Anda download). Jendela yang ditampilkan ketika Anda mendownload template online tidak menampilkan opsi apapun. Klik tombol Create untuk membuat publikasi baru menggunakan template yang Anda pilih, dan Anda siap untuk mengganti informasi placeholder yang ada dengan informasi Anda sendiri.

Perhatikan bahwa file publikasi baru memiliki nama placeholder (seperti pada gambar dibawah: Publication4). Selalu ingat untuk menggunakan perintah File
Save As atau klik tombol Save yang ada di Quick Access Toolbar untuk memberi nama file publikasi dan menentukan lokasi penyimpanannya. Selalu tekan tombol keyboard [CTRL + S] secara rutin untuk menyimpan setiap perubahan yang Anda lakukan pada file, dan gunakan perintah File Open atau klik tombol Open pada toolbar Standard untuk membuka file publikasi Anda lainnya.
http://2.bp.blogspot.com/-GlH2A46ixnY/U4FVXKQJxSI/AAAAAAAAL8w/H2AlVS_SsRk/s1600/publisher2013-1119.png
Setelah memilih File Open, Anda bisa klik Recent Publications dibawah Open di Backstage View, lalu klik salah satu publikasi yang ada pada daftar di sebelah kanan untuk membuka file yang pernah Anda buka sebelumnya.

Cara menambah dan menghapus background warna:

1.                  Klik tab Page Design yang ada di Ribbon, lalu klik Background yang ada di grup Page Background. Galeri Background akan ditampilkan.
http://3.bp.blogspot.com/-cMwJmBujp8o/U4W8j2AyLVI/AAAAAAAAMBw/Geh145Det88/s1600/publisher2013-1150.png
2.                  Pilihan yang tersedia pada galeri tersebut tergantung dengan skema warna yang Anda gunakan pada dokumen publikasi. Hover/layangkan pointer mouse keatas warna-warna background yang ada dan lihat preview-nya pada dokumen. Klik pada salah satu warna background untuk menerapkannya.
3.                  Untuk menghapus background, tampilkan lagi galeri Background, lalu klik area kosong/putih (dibawah No Background) yang ada di bagian atas galeri.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.EXCEL 2016

BAB II Fungsi dan Kegunaan Icon pada MS.WORD 2016